Search This Blog

Loading...

Saturday

Detektif Conan

Detektif Conan dikenal di Jepang sebagai 名探偵コナン (Meitantei Konan?) adalah sebuah serial manga detektif yang ditulis dan diilustrasi oleh Aoyama Gosho dan diserialkan dalam majalah Mingguan Shōnen Sunday sejak tahun 1994. Serial ini menceritakan tentang Shinichi Kudo, seorang detektif SMA, yang tubuhnya mengecil akibat sebuah racun.



Detektif Conan telah diserialkansecara terus menerus di majalah antologi manga Mingguan Shōnen Sunday sejak tahun 1994 dan telah dikumpulkan dalam 68 volume Tankōbon sampai dengan Mei 2010. Dalam versi bahasa Indonesia, Detektif Conan diterbitkan oleh Elex Media Komputindo yang telah menerbitkan sampai volume 56 sampai dengan Mei 2010.

Detektif Conan telah diadaptasi dalam serial animasi TV yang diproduksi oleh TMS Entertainment dan Yomiuri Telecasting Corporation yang masih berlangsung di Jepang karena mengadaptasi beberapa cerita dari manga. Serial ini juga telah diterbitkan dalam bentuk OVA, Drama TV, spesial TV, 14 film animasi, beberapa permainan video, dan banyak barang yang berhubungan dengan Detektif Conan.

Shinichi Kudo, seorang detektif SMA berusia 17 tahun yang biasanya membantu polisi memecahkan kasus, diserang oleh 2 anggota sindikat misterius ketika mengawasi sebuah pemerasan. Dia kemudian diberi minum racun misterius yang baru selesai dikembangkan yang ditujukan untuk membunuhnya, namun karena sebuah efek samping yang jarang terjadi yang tidak diketahui anggota sindikat tersebut, racun tersebut mengakibatkan tubuhnya mengecil seperti bocah berusia tujuh tahun setelah mereka meninggalkannya.[2]
Untuk menyembukan identitasnya dan untuk menginvestigasi keadaan sindikat tersebut, yang selanjutnya dikenal dengan nama Organisasi berbaju Hitam atau Organisasi Hitam, dia menyamarkan namanya menjadi Conan Edogawa.[3] Untuk mencari jejak sindikat tersebut, dia tinggal bersama dengan teman sejak kecilnya yang bernama Ran Mouri, yang ayahnya, Kogoro Mouri, merupakan seorang detektif swasta.[3] Dia bersekolah di SD Teitan dan membentuk Grup Detektif Cilik dengan 3 teman sekelasnya; Ayumi Yoshida, Mitsuhiko Tsuburaya, dan Genta Kojima. [4] Meskipun tubuhnya mengecil, dia tetap memecahkan kasus, biasanya dengan meniru suara Kogoro Mouri dengan alat yang diciptakan oleh tetangganya, Prof. Agasa. Kogoro Mouri, seorang detektif yang agak bodoh, awalnya bingung pada kemampuan memecahkan kasusnya meningkat secara mendadak, tetapi tidak heran karena ia senang karena ketenarannya yang meningkat. Ran Mouri pernah beberapa kali mencurigai bahwa Conan adalah Shinichi, namun karena kecerdikkan Conan, maka Ran pun percaya bahwa Conan bukanlah Shinichi.
Selanjutnya dalam seri ini, tokoh utama lainnya, Ai Haibara, muncul. Dia adalah seorang mantan anggota Organisasi Hitam, yang memiliki nama sandi "Sherry", nama aslinya adalah Shiho Miyano, seorang ilmuan yang mengembangkan racun APTX 4869 yang membuat tubuh Shinichi mengecil.[5] Setelah kakaknya secara kejam dibunuh oleh anggota Organisasi Hitam, dia mencoba keluar dari organisasi itu namun dia ditangkap.[5] Dia mencoba bunuh diri dengan menelan pil APTX 4869, namun ternyata tubuhnya mengecil, dan dia berhasil kabur dari mereka.[5] Dia kemudian bersekolah di SD Teitan dengan nama samaran "Ai Haibara".[5] Dia mengetahui identitas asli Conan dan membantunya dalam perjuangan Conan untuk menjatuhkan Organisasi Hitam.[5]
Kemudian, Conan terlibat dengan FBI, dan mereka berhasil menangkap Kir, seorang anggota Organisasi Hitam. Kir kemudian diketahui merupakan seorang agen CIA yang menyamar, dan berjanju akan memberi informasi tentang Organisasi Hitam kepada FBI.[6] Mereka kemudian mengembalikan Kir ke organisasi tersebut. Kemudian, dia memeberitahukan kepada FBI bahwa di Organisasi Hitam ada seorang anggota baru bernama sandi Bourbon.[7]
Anggota Organisasi Hitam yang telah diketahui adalah Gin, Vodka, Vermouth, Pisco, Tequilla, Calvados, Chianti, Kir, Kusuda Rikumichi, Masami Hirota, Sherry, Bourbon, Rye, Hell Angel, serta Big Boss yang selalu ditampilkan secara kabur dan selalu disebut oleh Gin sebagai "orang itu" (あの方 Anokata?).
Tokoh




Sebuah patung Conan Edogawa di Hokuei, Prefektur Tottori, Jepang, kota kelahiran Aoyama Gosho, pengarang Detektif Conan.Serial Detektif Conan menampilkan tokoh-tokoh ciptaan Gosho Aoyama. Alur utama cerita ini berlatar belakang tempat di Jepang, dengan penggunaan nama-nama tempat sungguhan seperti Tokyo dan Osaka, tetapi juga menggunakan nama tempat fiktif seperti Kota Beika. Versi Amerika Serikat (FUNimation) memiliki sejumlah perbedaan nama tokoh dengan versi asli [8].
Media
Manga
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Daftar volume dalam seri Detektif Conan
Jilid dari manga Detektif Conan ditulis dan diilustrasikan oleh Aoyama Gosho. Di Jepang, mereka telah diterbitkan di Shogakukan's Weekly Shonen Sunday sejak tahun 1994. Sejak premier Detektif Conan, lebih dari tujuh ratus bab telah dirilis di Jepang. Masing-masing bab dikumpulkan oleh Shogakukan dalam serangkaian volume Tankōbon. Jilid pertama ini dirilis pada 18 Juni 1994; sampai dengan 18 Agustus 2009, enam puluh lima volume telah dirilis.[9][10] Viz Media (penerbit Detektif Conan dalam versi Amerika Serikat) merilis volume pertama pada 7 September 2004, dengan tiga puluh dua jilid dirilis per 27 November 2009.[11][12] Elex Media Komputindo merupakan penerbit Detektif Conan dalam versi Bahasa Indonesia.
Ada 3 edisi Detektif Conan yang diterbitkan di Indonesia (oleh Elex Media Komputindo), yaitu:
• Detektif Conan edisi reguler berupa volume berbentuk tankobon yang isinya telah diterjemahkan dari bahasa Jepang ke bahasa Indonesia.
• Detektif Conan Edisi Spesial yaitu edisi yang setiap bab (file)-nya berisi 1 kasus dan kasus- kasus tersebut adalah kasus yang pendek.
• Detektif Conan Seri Animasi TV
Anime
Artikel utama untuk bagian ini adalah: Daftar episode dalam seri Detektif Conan
Episode dari serial anime Detektif Conan diarahkan oleh Kenji Kodama dan Yasuichiro Yamamoto dan diproduksi oleh Tokyo Movie Shinsha dan Yomiuri Telecasting Corporation.[13] Lima puluh episode dari serial Detektif Conan Bahasa Inggris disiarkan di Cartoon Network sebagai bagian dari blok program Adult Swim pada 24 Mei 2004 sampai Januari 2005 dan telah dihentikan karena rendahnya popularitas.
Pada Juli 2009, 17 bagian dan 143 total volume telah dirilis oleh Shogakukan.[14] Lima kotak koleksi DVD dari adaptasi Inggris dari anime telah dirilis oleh Funimation Entertaiment dan berisi lima musim pertama dari anime.[15][16][17][18][19]
Spesial TV
Lupin III vs Detective Conan (ルパン三世 vs 名探偵コナン Lupin Sansei vs Meitantei Conan?) merupakan spesial TV pertama dari serial Detektif Conan.[20] Episode ini menceritakan tentang Conan yang bertemu dengan Lupin III yang berusaha mencuri mahkota ratu kerajaan Vespania.[20] Episode ini ditayangkan pada 27 Maret 2009[20]
Detective Conan Special: Secret of the Birth of Kaitō Kid (名探偵コナンスペシャル 「怪盗キッド誕生の秘密」 Meitantei Conan Supesharu 「Kaitō Kiddo Tanjou no Himitsu」?) merupakan spesial TV yang kedua dari serial Detektif Conan.[21][22][23] Episode ini ditayankan pada 24 April 2010.[21][22][23] Episode ini sebenarnya adalah serial Magic Kaito episode 1.
Film
Empat belas film layar lebar telah dirilis yang berasal dari seri Detektif Conan. Film- film tersebut telah dirilis pada bulan April sejak tahun 1997. Setiap film layar lebar memiliki jalur plot tesendiri, dan bukan merupakan adaptasi dari cerita manganya. Diantara 14 film ini, hanya 6 yang pernah ditayangkan di Indonesia melalui Indosiar, yaitu film ke-1, ke-2, ke-6, ke-9, ke-10,dan ke-11.[24]
No. Judul dalam bahasa Jepang
Judul dalam bahasa Inggris
Tanggal pertama kali dirilis Pendapatan/
box office (¥) Durasi
1 名探偵コナン 時計じかけの摩天楼
(Meitantei Konan Tokei Jikake no Matenrō?)
Detective Conan: The Time-Bombed Skyscraper 19 April 1997 ? 95 Menit
2 名探偵コナン 14番目の標的
(Meitantei Konan Jyuuyon banme no Tagetto?)
Detective Conan: The Fourteenth Target 18 April 1998 1,05 miliar [25]
99 Menit
3 名探偵コナン 世紀末の魔術師
(Meitantei Konan Seikimatsu no Majutsushi?)
Detective Conan: The Last Wizard of the Century 17 April 1999 1,45 miliar [26].
100 Menit
4 名探偵コナン 瞳の中の暗殺者
(Meitantei Konan Hitomi no Naka no Ansatsusha?)
Detective Conan: Captured in Her Eyes 22 April 2000 2,5 miliar[27]
99 Menit
5 名探偵コナン 天国へのカウントダウン
(Meitantei Konan Tengoku e no Kauntodaun?)
Detective Conan: Countdown to Heaven 21 April 2001 2,9 miliar[28]
99 Menit
6 名探偵コナン ベイカー街の亡霊
(Meitantei Konan Beikā Sutorīto no Bōrei?)
Detective Conan: The Phantom of Baker Street
20 April 2002 3,4 miliar[29]
107 Menit
7 名探偵コナン 迷宮の十字路
(Meitantei Konan Meikyū no Kurosurōdo?)
Detective Conan: Crossroad in the Ancient Capital 19 April 2003 3,2 miliar[30]
108 Menit
8 名探偵コナン 銀翼の奇術師
(Meitantei Konan Gin-yoku no Majishan?)
Detective Conan: Magician of the Silver Sky 17 April 2004 2,8 miliar[31]
110 Menit
9 名探偵コナン 水平線上の陰謀
(Meitantei Konan Suiheisenjō no Sutoratejī?)
Detective Conan: Strategy Above the Depths 19 April 2005 2,15 miliar[32]
109 Menit
10 名探偵コナン 探偵たちの鎮魂歌
(Meitantei Konan Tantei-tachi no Requiem?)
Detective Conan: The Private Eyes' Requiem
15 April 2006 ? 111 Menit
11 名探偵コナン 紺碧の棺
(Meitantei Konan Konpeki no Jorī Rojā?)
Detective Conan: Jolly Roger in the Deep Azure
27 April 2007 2,53 miliar[33].
95 Menit
12 名探偵コナン 戦慄の楽譜
(Meitantei Konan Senritsu no Furu Sukoa?)
Detective Conan: Full Score of Fear
19 April 2008 2,42 miliar 116 Menit
13 名探偵コナン 漆黒の追跡者
(Meitantei Konan Shikkoku no Chaser?)
Detective Conan: The Raven Chaser
18 April 2009 3,4 miliar 111 menit
14 名探偵コナン 天空の難破船
(Meitantei Konan Tenkuu no Nanpasen?)
Detective Conan: The Lost Ship in the Sky[34]
17 April 2010 ? ?
[sunting] Drama Televisi
Dua drama televisi tunggal yang telah dibuat dari seri ini, satu pada tahun 2006 dan satu pada tahun 2007.
Dalam drama pertama, Detective Conan: Shinichi Kudo's Written Challenge (名探偵コナン- 工藤新一への挑戦状 "Meitantei Conan: Kudo Shinichi he no Chosenjo"?), yang perdana di Jepang pada Nippon Television pada 2 Oktober 2006.[35] Itu menjabat sebagai prekuel dari cerita saat ini, dibintangi oleh Shun Oguri sebagai Shinichi Kudo, Tomoka Kurokawa sebagai Ran Mouri, dan Takanori Jinnai sebagai Kogoro Mouri. [36]
Drama TV kedua perdana pada tanggal 17 Desember 2007[37] yang berjudul Shinichi Kudo Returns! Showdown with the Black Organization (工藤新一の復活!~黒の組織との対決 "Kudo Shinichi no Fukkatsu! Kuro no Soshiki to no Taiketsu"?), dengan menambahkan karakter seperti Yu Kashii (sebagai Shiho Miyano), Kuranosuke Sasaku (sebagai Gin), Okada Taro (sebagai Vodka), Ryosei Tayama (sebagai Agasa), Fujisaki Nao (sebagai Conan) dan Shibata Kyoka (sebagai Haibara).
Album jalur suara

Gambar sampul album dari Detective Conan Original Soundtrack
Tiga puluh satu album jalur suara, diproduksi oleh Polydor Records dari Universal Music Group, telah dirilis untuk seri anime dan film Detektif Conan.[38]
• Detective Conan: Original Soundtrack 1 dirilis pada tanggal 21 Februari 1996 dan berisi 20 lagu.[39]
• Detective Conan: Original Soundtrack 2 dirilis pada tanggal 2 Mei 1996 dengan 70 lagu.[40]
• Detective Conan: Original Soundtrack 3 dirilis pada tanggal 25 November 1996 dengan 27 lagu.[41]
• Detective Conan: Original Soundtrack 4 ~Let's go! Detective Boys~ dirilis pada tanggal 25 April 2001 dengan 28 lagu.[42]
Tiga CD dirilis dengan berisi koleksi lagu tema "terbaik" di dalam seri anime.
• Detective Conan: Original Soundtrack- Super Best dirilis pada tanggal 27 November 1997 berisi 30.[43]
• Detective Conan: Original Soundtrack- Super Best 2 dirilis pada tanggal 17 Desember 2003 berisi 22 lagu.[44]
• Detective Conan TV Original Soundtrack: Selection Best dirilis pada tanggal 5 Desember 2007.[45]
Lima CD dirilis dengan berisi lagu tema yang digunakan untuk anime. Dua album foto dirilis bersamaan dengan 4 album singel. Setiap film dari serial ini juga memiliki CDnya masing- masing.
Permainan Trading Card
Case Closed Trading Card Game adalah sebuah permainan yang dapat dikoleksi didasarkan dari seri Detektif Conan (Case Closed). Diproduksi oleh Score Entertainment, permainan ini dipublikasi pada Juni 2005 di Amerika.[46] Permainan ini dimainkan diantara 2 sampai 6 pemain.[46] Para pemain bersaing untuk menyelesaikan 3 kasus menggunakan petunjuk yang sesuai, sementara secara bersamaan berusaha untuk menghentikan lawan mereka dari melakukannya. Setiap pemain masing-masing mengambil 5 langkah dalam 1 giliran.

More info

No comments:

Translate

There was an error in this gadget
Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum