Search This Blog

Loading...

Friday

Cara membudidayakan ayam petelur

Untuk memulai pembudidayaan ayam petelur para peternak harus mempersiapkan kandang untuk anakan. Ventilasi kandang merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan tinggi rendahnya suhu di dalam kandang. Beberapa ventilasi sebaiknya disediakan penutupnya. Pada musim dingin, semua ventilasi yang menghadap pada arah angin masuk terutama yang dekat lantai hendaknya ditutup. Sedangkan pada musim panas, bukalah ventilasi selebar-lebarnya agar udara segar masuk sebanyak-banyaknya. Disamping penyakit stres, ayam yang berada dalam tempat yang terlalu panas karena sistem ventilasi yang buruk, akan menyebabkan ayam tidak mau makan atau minum secara normal. Akibatnya ayam akan cacat dan bagi ayam petelur tidak akan tumbuh dengan baik atau kerdil. Kandang harus aman dari gangguan kucing, tikus, serta binatang pemangsa lainnya. Sebelum anak ayam tiba, Anda harus yakin betul bahwa Anda telah siap menerimanya. Kandang dan semua peralatan telah dibersihkan dan disemprot anti hama. Pekerjaan tersebut sudah harus selesai beberapa hari menjelang anak ayam tiba sehingga kandang benar-benar telah kering pada saat anak ayam tiba.

Biasakan membeli anak ayam yang berkualitas sesuai kebutuhan. Untuk ayam petelur, belilah anak ayam betina yang telah diseleksi kelaminnya (sexed pullet). Untuk jenis rasnya pilihlah Leghorn atau Rhode Island Red atau ayam lainnya yang masuk dalam katagori sebagai ayam petelur yang baik. Sebelum melakukan pemesanan bibit atau secara langsung membeli bibit ayam hendaknya data atau segala keterangan mengenai bibit yang akan dibeli di kumpulkan terlebih dahulu baik melalui peternak yang sudah memelihara bibit tersebut, melalui pembibitnya sendiri, melelui agen yang telah ditunjuk oleh Dinas Peternakan satempat sehingga dapatlah diperoleh segala keterangan mengenai keunggulan dan kelemahan dari bibit tersebut.

Anak ayam memerlukan pakan berkualitas tinggi agar tumbuh dengan prima. Pakan yang mengandung nutrisi seimbang dapat diperoleh dari toko makanan ayam. Berikan pakan “starter” untuk anak ayam selama tiga minggu pertama dan kemudian disambung dengan “grower” sampai berumur 10 minggu. Bagi ayam petelur, berikan pakan “developer” pada umur 10 sampai 20 minggu. Setelah lewat 20 minggu, berikan pakan “laying mash” agar dapat menghasilkan tingkat produksi telur yang tinggi dengan kualitas telur yang baik.

Hindari pemberian pakan tambahan selain pakan seperti yang disebutkan di atas. Menu pakan starter, grower, developer, dan layer diformulasikan dan dirancang sebagai satu-satunya pakan untuk makanan ayam. Apabila makanan tambahan diberikan, ayam cenderung untuk mengurangi mengkonsumsi pakan komplit yang seharusnya dengan adanya makanan tambahan tadi, dan akhirnya mereka tidak menerima jumlah nutrisi yang semestinya. Akibatnya ayam menjadi kekurangan gizi dan tingkat pertumbuhannya atau produksi telurnya akan menurun, dan kemudian mati. Usahakan air minum pada kandang selalu tersedia dan juga bersih.

Selain nutrisi makanan yang di butuhkan oleh ayam petelur, vaksinasi juga perlu untuk menunjang kesehatan ayam petelur. Agar terhindar dari serangan penyakit yang dapat menyebabkan ayam mati. Vaksinasi ini dilakukan berkala dengan aturan tertentu untuk mendapatkan asil yang maksimal.

Kandang untuk ayam yang siap bertelur harus di persiapan dengan kapasitas yang di butuhkan. Apabila menginginkan perluasan hendaknya menunggu sampai ayam petelur afkir telebih dahulu supaya ayam tidak tergangu dan menjadi stress. Kandang baterai dapat menjadi alternatif untuk kandang. Kandang ini dapat menghemat tempat. Di kandang baterai ayam petelur dipelihara secara individu dalam satu kandang. Karena masing-masing hidup terpisah sehingga ayam tidak saling mematuk dan terhindar dari luka. Kalaupun ada ayam terjangkit penyakit menular, penyebarannya ke ayam lain semakin lambat.

Kandang baterai ini sangat potensial untuk ayam petelur karena menghemat tempat dan juga dapat meminimalisir penyebaran penyakit. Selain itu dapat memaksimalkan pakan yang diberikan karena kandang ayam individu.

3 comments:

aplikasi android said...

abi ti ciamis...
salam kenal

Ade Kusnaya said...

sami atuh,..
abi gen ti ciamis tepat na ti pamalayan kulon..

hatur nuhun tos mampir.. :3

Ade Kusnaya said...

sami atuh,..
abi gen ti ciamis tepat na ti pamalayan kulon..

hatur nuhun tos mampir.. :3

Translate

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum