Search This Blog

Loading...

Sunday

Euphorbia

Euphorbia Si Ratu Bunga Berduri Bunga euphorbia adalah tanaman bunga yang berasal dari Madagaskar. Bunga ini termasuk golongan kaktus. Sama halnya seperti kaktus-katus lain, euphorbia juga tumbuh subur di daerah yang panas dan kering. Penyebaran bunga euphorbia dimulai dari Madagaskar lalu ke China dan ke Thailand. Dan sekarang sudah dapat dijumpai sampai di Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Asia. Nama bunga euphorbia diambil dari salah seorang dokter kerajaan Juba Mauritania di Afrika Utara yang bernama Euphorbus. Dokter Euphorbus lah yang memindahkan bunga ini dari gurun pasir menjadi bunga penghias yang cantik di kerajaannya. Di Indonesia sendiri, binga ini bisanya digunakan sebagai border taman. Memiliki tinggi standar 150 cm dan lebar 100 cm. Bunga yang menggerombol hingga hampir menutup batangnya membuat bunga euphorbia nampak cantik.

Kunci keberhasilan Euphorbia pada media tanam yang baik. Media tanam yang baik akan membuat tanaman ini tumbuh subur , sehat, akar kuat, batang kokoh, dan rajin berbunga. Selain itu, media tanam juga merupakan sumber utama penyedia unsur hara . Media tanam yang digunakan untuk menanam Euphorbia disesuaikan dengan lingkungan tumbuh dan kebutuhannya. Euphorbia tidak menyukai tempat yang basah dan lembab. Persyaratan media yang digunakan untuk menanam Euphorbia yang baik adalah

v mampu mengikat dan menyimpan air dan hara dengan baik

v memiliki aerasi dan drainase yang baik

v tidak menjadi sumber penyakit

v tahan lama

v mudah diperoleh

Media yang banyak rongga nya akan mampu menimpan oksigen untuk proses respirasi.

Berbagai media tumbuh untuk Euphorbia ,Umumnya merupakan campuran bahan – bahan yang porous, bahan organic, dan tanah. Euphorbia termasuk tanaman sukulen yang membutuhkan media kering. Oleh karena itu, diperlukan campuran bahan – bahan yang porous sebagai media tanahnya. Ada berbagai macam formula campuran media tumbuh yang digunakan. Setiap nursery biasa memggunakan formula yang berbeda – beda. Beberapa bahan yang dapat digunakan antara lain : arang sekam, pasir, serbuk kelapa, pakis, pupuk kandang, dan sekam biasa.

Selain memilih media tanam yang baik , Euphorbia yang akan dipelihara harus dipilih dari kualitas yang terbaik. Euphorbia ditanam untuk dinikmati keindahan bunganya. Oleh karena itu warna, bentuk, dan ketahanan bunga menjadi tolak ukur untuk memilih Euphorbia yang berkualitas baik. Sosok tubuh tanaman juga dapat dijadikan kriteria dalam pemilihan Euphorbia.

No comments:

Translate

There was an error in this gadget
Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. blogger template by blog forum